PROPOSAL

0
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI EVALUASI GURU
PADA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA NEGERI 3 PEKANBARU


A. LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi informasi yang cepat telah mempengaruhi segala aspek dalam kehidupan manusia. Salah satu cirinya adalah kecepatan memperoleh informasi dan juga modal yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan informasi tersebut. Akselerasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa beberapa konsekuensi di antaranya memungkinkan berbagai instasi baik pemerintahan maupun swasta melakukan kegiatan komputerisasi di berbagai bidang. Kegiatan komputerisasi merupakan sebuah kegiatan pengelolaan data dalam rangka menghasilkan informasi-informasi penting dan berguna bagi manajemen agar yang bersangkutan dapat melaksanakan tugas dengan baik.
Perkembangan teknologi informasi tersebut juga telah sampai pada bidang pendidikan dimana sekolah sebagai suatu institusi yang bergerak dalam bidang pelayanan pendidikan sangat diharuskan untuk membuat dan menyediakan sistem informasi yang baik. Kebutuhan akan informasi sangat dirasakan oleh setiap bagian yang ada di lingkungan dalam suatu institusi pendidikan, baik pengurus, karyawan dan guru, serta tak terkecuali siswa sebagai peserta didik. Siswa sebagai salah satu aset institusi yang penting haruslah mendapatkan prioritas dalam mendapatkan informasi terutama yang berkaitan dengan kegiatan belajar mereka.
Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 3 Pekanbaru ( SLTPN 3 Pekanbaru ) sebagai salah satu sekolah yang memerlukan teknologi yang baik untuk mengolah, mengatur dan melakukan pengawasan terhadap segala kegiatan belajar mengajar yang terjadi di lingkungan sekolah. Untuk itu saya mengambil judul Perancangan Sistem Informasi Evaluasi Guru pada Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 3 Pekanbaru ( SLTPN 3 Pekanbaru ), karena pada akan dilakukan kegiatan evaluasi guru dan untuk merancang sistem dalam pengolahan data dan informasi dari evaluasi tersebut, serta menetapkan variabel – variabel yang akan dinilai.

Evaluasi merupakan proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, mengintepretasikan dan menyajikan informasi untuk dapat digunakan sebagai dasar membuat keputusan atau menyusun kebijakan. Sistem Informasi Evaluasi Guru adalah suatu sistem yang bertujuan untuk menyediakan informasi mengenai kemampuan dan kompetensi guru sehingga dapat diketahui kualitas guru tersebut baik atau tidak dalam mengajar.

Untuk melengkapi tugas kerja praktek, saya tertarik mengangkat tema diatas dengan memilih Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 3 Pekanbaru sebagai tempat kerja praktek.


B. TUJUAN
Dalam kerja praktek ini terdapat dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.
• Tujuan Umum
1. Memenuhi persyaratan kurikulum Jurusan Sistem Informasi Fakultas Sains & Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
2. Mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan terhadap masalah yang ada di lapangan.

• Tujuan Khusus
1. Untuk memperoleh informasi yang akurat dan objektif tentang kegiatan evaluasi ini.
2. Menunjang peningkatan mutu sekolah, tidak hanya dalam kompetensi guru sebagai tenaga pendidik, tapi juga peningkatan prestasi siswa merupakan indikator hasil dari evaluasi itu sendiri.
3. Merancang Sistem Informasi Evaluasi Guru di SLTPN 3 Pekanbaru
4. Sebagai acuan untuk pengembangan sistem yang lebih baik di masa mendatang.


C. RUMUSAN MASALAH
Pokok permasalahan yaitu “ Bagaimana merancang sistem informasi evaluasi guru dan menetapkan variabel – variabel yang akan dinilai dalam pengevaluasian guru. “


D. RUANG LINGKUP
Ruang lingkup pelaksanaan kerja praktek ini dititikberatkan pada perancangan sistem informasi evaluasi guru yang dapat menyajikan informasi untuk mengetahui kemampuan dan kompetensi guru dalam mengajar.

Sistem ini menyediakan informasi tentang data guru, data mata pelajaran, data kelas, variabel – variabel yang telah ditetapkan, informasi yang berhubungan dengan kuesioner, dan informasi yang berhubungan dengan hasil evaluasi.

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam merancang sistem informasi evaluasi guru yaitu :
1. Pendataan guru dan mata pelajaran yang diajarkan.
2. Sistem penjadwalan mengajar yang meliputi guru dan kelas mengajar.
3. Menetapkan variabel – variabel yang akan dinilai.
4. Membuat kuesioner untuk pengevaluasian.
5. Teknik analisa dengan menggunakan analisa PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service).
6. Perancangan antar muka ( interface ) Sistem Informasi Evaluasi Guru untuk modul – modul sistem.



E. METODOLOGI PENELITIAN
Data yang diperlukan dalam penulisan kerja Praktek ini diperoleh dengan cara sebagai berikut :
1. Studi Pustaka
Menggunakan pustaka-pustaka yang telah ada untuk digunakan sebagai referensi atau bahkan digunakan sebagai bahan pembanding.
2. Pengamatan/Observasi
Mengadakan pengamatan langsung ke obyek penelitian.
3. Wawancara.
Peneliti bertatap muka langsung dengan sumber informasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara langsung.
4. Quesioner.
Membuat suatu angket untuk mendapatkan data dan informasi sesuai dengan variabel yang telah ditetapkan.


F. MATA KULIAH PENUNJANG KERJA PRAKTEK
Adapun matakuliah yang menunjang kerja praktek ini adalah
1. Basis Data
2. Rekayasa Perangkat Lunak
3. Analisa & Perancangan Sistem Informasi I & II
4. Konsep Sistem Informasi
5. Pengetahuan Manajemen


G. TEMPAT DAN JADWAL PELAKSANAAN
Tempat yang akan dijadikan kerja praktek adalah SLTPN 3 Pekanbaru yang beralamat di Jalan Dahlia No.102 Sukajadi, Pekanbaru.. Dan kami bermaksud akan melaksanakan kerja praktek pada tanggal 01 November– 01 Desember 2009.




H. RENCANA KERANGKA LAPORAN
Untuk memudahkan dalam memahami laporan penulisan kerja praktek maka dikemukakan sistematika penulisan agar menjadi satu kesatuan yang utuh.
a. BAB I PENDAHULUAN
Menjelaskan mengenai latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup kajian, tujuan penulisan dan sistematika penulisan.
b. BAB II. PROFIL SEKOLAH
Menjelaskan sejarah sekolah, visi dan misi sekolah, dan struktur organisasi sekolah.
c. BAB III. LANDASAN TEORI
Menjelaskan secara teoritis tentang hal-hal spesifik dan teori-teori serta metode analisis yang mendukung dalam menganalisa Sistem Informasi yang akan ditemui selama kerja praktek.
d. BAB V. ANALISA SISTEM
Menjelaskan analisa sistem baru yang akan dirancang dalam Sistem Informasi Evaluasi Guru.
e. BAB VI. PERANCANGAN SISTEM
Menjelaskan hasil analisis Sistem Informasi Evaluasi Guru dengan metode analisis dalam mendukung setiap kegiatan evaluasi di SLTPN 3 Pekanbaru.
f. BAB VII. KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi kesimpulan dan saran mengenai mekanisme Sistem Informasi yang menutup laporan kerja praktek ini.


I. PENUTUP
Kami sangat mengharapkan bantuan dari pihak SLTPN 3 Pekanbaru untuk dapat menerima kami mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau untuk melaksanakan kerja praktek tersebut.

Demikianlah proposal permohonan kerja praktek ini kami buat agar kiranya dapat menjadikan bahan acuan dan bahan pertimbangan untuk melaksanakan kerja praktek pada sekolah yang Bapak Pimpin, bila ada kekurangan kami mohon maaf, atas perhatian dan persetujuan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*