SISTEM E-COMMERCE PERUMAHAN PADA
CV. MELAYU KARYA KUANSING
|
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
CV. Melayu Karya merupakan
salah satu perusahaan lokal
yang bergerak dibidang pembangunan perumahan atau bisa juga disebut dengan developer perumahan. CV. Melayu
Karya
telah membangun beberapa perumahan yang berlokasi di Pekanbaru.
Salah satu kendala yang ditemui oleh CV. Melayu Karya adalah sulitnya
dalam hal pemasaran rumah. Selama ini yang terjadi dilapangan team marketing
selalu bergerak untuk penyebaran brosur- brosur serta mempromosikanya
melalui mulut ke mulut. Andai saja ada calon pembeli rumah, maka mereka
dianjurkan untuk datang kekantor guna mendapatkan segala informasi tentang
perumahan yang akan dibangun ataupun yang sedang dibangun. Dengan begitu calon
pembeli akan mengetahui dimana lokasi
perumahan, type-type rumah yang akan dibangun, tampak atau model rumah yang
akan dibangun, harga satuan rumah, system KPR yang akan digunakan dalam
pembayaran angsuran rumah.
Metode ini mungkin masih bisa dilakukan oleh team marketing
dalam memasarkan rumah kepada calon pembeli jika calon pembeli berdomisili di
Pekanbaru serta tidak menyita waktu pembeli dkantor. Bagi calon pembeli yang
berada diluar kota maka team marketing akan terkendala dalam memasarkan
rumahnya. Brosur rumah harus dipaketkan untuk calon konsumen agar bisa melihat
lokasi, tampak serta type-type rumah yang akan ditawarkan. Jika calon
konsumen tersebut ada hal-hal yang ingin ia tanyakan maka mereka hanya bisa
menggunakan media telepone. Hal seperti ini sangat merepotkan dalam penyampain
informasi serta pemasaran perumahan. Ini sangat berpengaruh dalam pembangunan
perumahan karena semakin cepat rumah terjual maka akan semakin cepat
pembangunanya.
Berdasarkan uraian dari permasalahan-pemasalahan diatas penulis ingin memberikan solusi untuk sistem yang telah ada demi mempermudah dan memperluas
dalam memasarkan dan juga mempromosikan perumahan, maka diadakan penelitian
dengan judul ”SISTEM E-COMMERCE PERUMAHAN PADA CV. MELAYU
KARYA KUANSING”. Diharapkan dengan adanya penelitian
ini penulis dapat mengembangkan ilmu yang telah diperoleh sehingga semua dapat merasakan manfaatnya dikemudian hari, baik bagi
penulis maupun perusahaan yang dijadikan tempat penelitian beserta semua orang
yang telah melihat penelitian ini.
1.2.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah maka yang merupakan identifikasi masalah dalam
penelitian ini adalah :
1. Pemanfaatan
sarana teknologi informasi dan komunikasi diperusahaan belum maksimal sehingga
mempersulit pekerjaan.
2. Penyampaian
informasi perumahan masih menggunakan penyebaran brosur sehingga hanya sebagian
kecil yang mendapatkan informasi.
3. Keterbatasan
media informasi membuat konsumen kesulitan mendapatkan informasi perumahan.
4. Marketing
kesulitan dalam memberikan informasi perumahan kepada konsumen, maka konsumen
harus meluangkan waktu untuk bertemu.
5. Dalam
hal pemesanan atau transaksi pembelian, konsumen dan marketing membutuhkan
banyak waktu, karena harus bertemu pada satu tempat.
1.3.
Batasan Masalah
Agar pembahasan dan
penyusunan skripsi ini
terarah dan tidak
menyimpang dari pokok permasalahan, maka penulis memberikan
batasan permasalahan yang meliputi :
a. Ruang
lingkup informasi yang disampaikan dibatasi pada penyampaian informasi data
perumahan meliputi lokasi, spesifikasi dan harga rumah.
b.
Pembayaran rumah dilakukan dengan cara transfer
pada bank yang telah ditentukan, kemudian bukti transfer dikirimkan ke kantor
pemasaran.
1.4.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut maka perumusan masalah yang dapat
diambil dalam penelitian ini adalah “Bagaimana
Merancang Sistem E-COMMERCE Perumahan pada CV. MELAYU KARYA
KUANSING”.
1.5. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.
Tujuan
Penelitian
a.
Merancang sistem E-Commerce
perumahan berbasis web sebagai sarana
pemasaran online.
b.
Merancang suatu sistem E-Commerce
perumahan yang dapat diakses oleh masyarakat yang ada didalam maupun diluar
kota pekanbaru.
c.
Merancang sistem
E-Commerce guna mempermudah team marketing CV.Melayu Karya dalam
menjalankan tugasnya.
2.
Manfaat
Penelitian
a.
Mengembangkan
ilmu yang telah diperoleh selama belajar diperguruan tinggi STMIK-AMIK Riau
khususnya ilmu dibidang E-Commerce.
b.
Dapat memberikan informasi dengan cepat, tepat dan akurat bagi konsumen dan calon
konsumen.
c.
Dapat meningkatkan kinerja perusahaan khususnya dibidang promosi
dan penjualan rumah.
1.6. Metode Penelitian
Metode atau cara
yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pada skripsi ini adalah sebagai
berikut:
A.
Pengumpulan Data
Pengumpulan data adalah proses pencarian data-data yang
diperlukan untuk mendukung pembuatan tulisan ini. Dalam hal ini penulis
menggunakan langkah-langkah sebagai berikut :
1.
Studi pustaka
yaitu dilakukan dengan cara mengambil bahan-bahan yang berhubungan dengan
penulisan, bersumber dari buku-buku dengan mengambil referensi untuk landasan
teori dan aplikasi pada penulisan skripsi ini.
2.
Observasi yaitu dengan cara meneliti dan memperhatikan
kegiatan promosi dan penjualan serta tinjauan lapangan untuk mendapatkan
sumber- sumber data dalam hal penjualan perumahan.
3.
Wawancara yaitu dengan cara mengajukan pertanyaan- pertanyaan kepada karyawan
CV.Melayu Karya khususnya mengenai promosi dan penjualan.
B.
Analisa
Dalam hal ini penulis menganalisa hasil
dari proses pengumpulan data dan apabila terdapat beberapa kelemahan kemudian
penulis merancang apa saja yang akan dilakukan untuk memperbaiki kelemahan itu.
C.
Perancangan
Untuk memudahkan proses perancangan diperlukan langkah- langkah sebagai berikut
:
1.
Membuat Context Diagram yang merupakan gambaran sistem
secara umum yang memperlihatkan hubungan antara entity-entity serta aliran
informasi dalam sebuah sistem yang digambarkan secara logikal.
2.
Membuat DFD level yang berfungsi menggambarkan sistem
sebagai jaringan kerja antar fungsi yang berhubungan satu sama lain dengan
aliran dan penyimpanan data.
3. Membuat ERD untuk menjelaskan hubungan
antar data dalam suatu basis data.
Melakukan
pengolahan data dengan menggunakan :
1.
Perangkat keras
a.
Processor Intel Pentium IV
b.
Hardisk 80
GB
c.
Mainboard
d.
Memory 256 MB
e.
VGA Card
f.
Keyboard
g.
Mouse
h.
Monitor LG 17”
i.
Printer Canon IP 1800
2.
Perangkat lunak
a.
Sistem Operasi Microsof
Windows XP Professional
b.
Microssof Office 2003 dan 2007
c.
Microsoft visio 2003
d.
Apache XAMM Version 2.3
e.
AutoCad 2009
f.
Mozilla firefox
g.
MySQL-Front
D.
Implementasi
Mengimplementasikan hasil perancangan ke
dalam proses pembuatan system dengan menggunakan program PHP dan MySQL sebagai databasenya.
1.7.
Sistematika Penulisan
Berikut ini tentang sistematika penulisan skripsi,
pembahasan terbagi atas lima bab yaitu sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan
tentang latar belakang masalah, batasan masalah,
rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian dan
sistematika penulisan.
BAB II TINJAUAN
UMUM DAN LANDASAN TEORI
Bab ini membahas tinjauan umum instansi serta membahas teori-teori yang
berhubungan dengan sistem yang akan dibangun. Aspek teoritis yang dijabarkan
pada bab ini dikhususkan untuk mendukung hasil penelitian yang lebih maksimal.
BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini penulis mengadakan
analisa terhadap sistem yang sedang
berjalan di CV.Melayu Karya dan mencoba memberikan desain sistem baru
terhadap objek penelitian guna mencapai tujuan penelitian.
BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM
Bab ini mengenai
implementasi sistem secara detail dan pembahasan sistem yang menyeluruh.
BAB V PENUTUP
Bab ini merupakan bagian penutup dan kesimpulan dari sistem
informasi yang telah dibuat, serta memberikan saran-saran mengenai topik penelitian yang akan dibahas.