Implementasi SMS Gateway Sebagai Sarana Pengontrolan Registrasi Mahasiswa

0

Implementasi SMS Gateway Sebagai Sarana Pengontrolan Registrasi Mahasiswa 

ABSTRAK
Informasi akademik yang berupa registrasi aktif kuliah, registrasi KRS dan masa langkau merupakan rutinitas setiap 6 bulan sekali (per-semester). Untuk mendapatkan informasi berupa registrasi aktif kuliah, registrasi KRS dan masa langkau, mahasiswa pada umumnya cukup kesulitan dikarenakan informasi yang di dapat pada akademis yang berupa hanya selebaran kertas hard copy, melalaui web dan juga di mading akademis sehingga kurang efisien, pada kenyataanya mahasiswa akan tertinggal informasi dari akademis, terutama mahasiswa yang berada di luar daerah, dimana tidak semua daerah bisa mengakses jaringan internet. Hal ini menyebabkan mahasiswa sering terlambatnya membayar uang kuliah, registrasi aktif kuliah, registrasi KRS dan masa langkau. Padahal perkembangan teknologi informasi saat ini sudah melaju sangat pesat. Salah satu bentuk perkembangan ini ditandai dengan semangkin maraknya peredaran serta penggunaan peralatan mobile telepon atau biasa disebut telepon seluler. Telepon seluler telah digunakan oleh berbagai lapisan mahasiswa dari waktu ke waktu, jaringan operator juga diperluas hingga ke pelosok daerah. Hal ini menyebabkan semangkin meningkatnya jumlah pengguna, bahkan sampai ke pelosok pedesaan. Fasilitas SMS (Short Message Service) yang terdapat pada ponsel merupakan suatu nilai tersendiri yang banyak disukai mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah membangun Sistem SMS Gateway Sebagai Sarana Pengontrolan Registrasi Mahasiswa .
Penelitian dimulai dengan mengumpulkan data yang dibutuhkan dengan beberapa metode yaitu wawancara, studi lapangan, studi pustaka dan pengamatan langsung terhadap aplikasi yang dibuat. Aplikasi yang dibuat menggunakan program Visual Basic 6.0 dan program SMS Gateway.
Penelitian yang dibuat menghasilkan sistem informasi akademis berbasis SMS dengan transaksi data secara otomatis yang diimplementasikan pada akademis sehingga dapat membantu dalam menginformasikan berupa pengontrolan registrasi mahasiswa. Hasil dari pengujian menunjukan bahwa perangkat lunak SMS sebagai Sarana Pengontrolan Registrasi Mahasiswa layak untuk diimplementasikan.
Kata kunci: Sistem, Akademis, SMS Gateway, Mobile Telepon



PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang Masalah
          Perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika saat ini berjalan sangat cepat selaras dengan perkembangan karakteristik masyarakat modern yang memiliki mobilitas yang tinggi, guna mencari layanan yang fleksibel, serba mudah dan memuaskan serta mengejar efisiensi di segala bidang. Bentuk perkembangan teknologi informasi tersebut diantaranya adalah perkembangan teknologi telepon seluler yang dapat memberikan atau menyampaikan berbagai informasi dengan cepat, salah satu nya melalui SMS (Short Message Service).
          Dewasa ini media SMS (Short Message Service) tersebut sudah banyak digunakan oleh instansi-instansi untuk menyampaikan informasi dengan menggunakan sistem SMS Gateway. Teknologi tersebut dapat diatur oleh instansi untuk memberikan informasi kepada orang lain dari server yang dimilikinya, misalnya SMS Banking yang menyediakan fasilitas informasi saldo tabungan bagi para nasabahnya. Para nasabah hanya mengirim SMS dengan kode-kode tertentu ke server yang kemudian secara otomatis akan di-reply oleh server tersebut tentang informasi yang diinginkan oleh pengirim sesuai dengan kode-kode yang diterima oleh server dan sebaliknya.
1
 
          Teknologi tersebut juga dapat diterapkan pada sistem informasi akademik sebagai alat pengontrolan, dan tentunya akan sangat bermanfaat sekali penggunaan dari teknologi tersebut. Karena dengan adanya layanan SMS Gateway tersebut, pihak akademik dapat memberikan informasi-informasi akademik dengan lebih mudah dan cepat sesuai dengan apa yang di inginkan oleh mahasiswa, seperti untuk mengetahui batas pembayaran uang kuliah, jadwal kuliah, jadwal ujian, nilai ujian semester, informasi registrsi aktif kuliah,  informasi registrasi KRS dan informasi registrasi masa langkau. Hal tersebut dapat diimplementasikan karena pada saat ini hampir keseluruhan mahasiswa sudah memiliki handphone sebagai sarana mobilitas pribadi mereka dan juga BTS (Base Tranciever Station) atau tower  jaringan seluler sudah berada dimana-mana terutama di desa-dasa terpencil sekalipun, sehingga untuk mendapatkan informasi tersebut mahasiswa tidak harus susah payah untuk datang ke akademik dan juga sebaliknya, pihak akademis juga mudah untuk memberikan informasi kepada mahasiswa, misalnya untuk mengetahui kapan mulai registrasi kuliah, kapan mulai registrasi KRS, yang mana  mahasiswa sedang berada di luar kota atau sedang liburan semester, maka mahasiswa dapat memperoleh informasi berupa jadwal kapan registrasi aktif kuliah & KRS dengan cara merequest sesuai format yang ditetapkan dan juga dengan  tersendirinya mahasiswa akan menerima sms dari akademis berupa informasi-informasi akademis.
          Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang layanan SMS Gateway pada sistem akademik dengan judul “Implementasi SMS Gateway Sebagai Sarana Pengontrolan Registrasi Mahasiswa ”

1.2     Identifikasi Masalah
          Berdasarkan dari uraian latar belakang diatas maka terdapat permasalahan yang teridenfikasi, yaitu :
1.    Dengan semangkin murahnya tarif  SMS pada saat ini, maka SMS Gateway merupakan salah satu sarana layanan informasi yang praktis  khususnya di akademik.
2.    Dengan semangkin banyaknya BTS (Base Tranciever Station) atau tower jaringan seluler di daerah-daerah terpencil dan juga banyaknya mahasiswa yang mempunyai handphone, sehingga untuk menyampaikan informasi dapat lebih cepat melalui via handphone.
3.    Dengan menggunakan SMS Gateway, pihak akademis mudah untuk memberikan informasi-informasi kepada mahasiswa dan juga sebaliknya, mahasiswa dengan mudah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cara merequest sesuai informasi yang dibutuhkan kapan dan dimana pun mereka berada.
1.3     Batasan Masalah
       Agar pembahasan tidak meluas dan keluar dari topik yang dibahas maka masalah hanya difokuskan pada layanan SMS Gateway sebagai sarana pengontrolan akademik  barupa informasi registrasi aktif kuliah, registrasi KRS dan masa langkau.

1.4     Rumusan Masalah
       Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan diatas. Maka dapat diambil suatu rumusan masalah yaitu “Bagaimana mengimplentasikan SMS Gateway Sebagai Sarana Pengontrolan Registrasi Mahasiswa ”.
1.5     Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah :
1.    Menghasilkan suatu layanan informasi akademik dengan mempergunakan teknologi Short Message Service (SMS).
2.    Mengimplentasikan SMS Gateway sebagai sarana layanan informasi.
3.    Meningkatkan layanan akademik .
4.    Memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mendapatkan informasi akademik dengan menggunakan fasilitas Short Message Service (SMS)
   Manfaat dari penelitian ini adalah :           
1.    Meningkatkan pemahaman kita tentang keterkaitan antara teknologi telekomunikasi dan informatika, yaitu bagaimana bagaimana teknologi telekomunikasi yang dalam hal berupa handphone dapat mengakses sistem akademik sebagai salah satu bentuk dari teknologi informatika.
2.    Memberikan suatu layanan informasi yang cepat dan cukup murah  karena mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya yang relatif lebih besar dibandingkan dengan hanya mengeluarkan biaya pengiriman SMS.
1.6     Tahap Penelitian
          Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara mengidentifikasi masalah yang dibutuhkan, penelusuran pustaka, mengelompokkan data, analisis data dan rancangan arsitektur sistem.
       Tahap-tahap dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Identifikasi masalah
Setelah identifikasi masalah di dapat melalui pengamatan secara langsung terhadap objeck ini dan dilakukan dengan maksud agar dapat mengetahui secara jelas permasalahan yang berkaitan dengan sisitem yang akan dirancang.
2.      Penelusuran pustaka
Melakukan penelusuran pustaka dengan membaca literature-literature yang berhubungan dengan penulisan yang sedang dilaksanakan.
 3.      Pengelompokan data
a.       Data Primer
Data yang berupa sistem yang sudah berjalan di akademik, data yang didapat bisa berbentuk softcopy maupun hardcopy yang nantinya akan diperlukan dan yang kemudian akan dianalisa.
b.      Data Sekunder
Data hasil wawancara dengan pihak akademis, yang nantinya diperlukan untuk menunjang data-data primer yang sudah ada. 
4.      Analisa data
Setelah data didapatkan, kemudian data tersebut dianalisa berdasarkan aliran sistem informasi yang sudah ada. Dari analisa tersebut nantinya dapat diketahui apakah perlunya dilakukan perubahan-perubahan.
5.      Rancangan arsitektur sistem
Setelah dilakukan analisa data, maka dilakukan rancangan arsitektur sistem dari layanan SMS Gateway tersebut. Adapun perlengkapan hardware dan software yang digunakan antara lain :
1.      Hardware
a.       Laptop Dell Vostro 1014
b.      Processor Intel(R) Core(TM)2 Duo CPU T6570
c.       Harddisk 250 GB
d.      RAM  2048 MB
e.       Mouse
f.       Printer cannon IP1980
g.      Dua buah telepon seluler seluler (Handphone) sebagai penerima dan pengirim. Untuk Handphone penerima menggunakan handphone NOKIA dengan tipe E71 atau menggunakan modem pengganti dengan nama WAVECOM.

2.      Software
                                                                          a.      Sistem Operasi Windows Xp Sp2
                                                                         b.      Pemograman Visual Basic 6.0
                                                                          c.      Microsoft Office 2007
                                                                         d.      SQL Server 2000
                                                                          e.      Visio 2007
                                                                          f.      Crystal Report

6.      Implementasi
Tahapan selanjutnya adalah hasil akhir dari sistem yang sudah dirancang. Tahapan ini berupa implementasi dari sistem layanan SMS Gateway tersebut.
1.7.      Sistematika Penulisan
            Sistematika penulisan skripsi ini disusun berdasarkan kebutuhan yang diperlukan dalam pengembangan sistem tersebut dan dapat dipahami dengan mudah, sesuai dengan dasar teori yang diketahui.
             Adapun sistematika penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :
                   BAB I.     PENDAHULUAN
Menjelaskan tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan yang digunakan.
     BAB II    TINJAUAN UMUM DAN TINJAUAN PUSTAKA
Menjelaskan landasan teori yang digunakan seperti penjelasan mengenai SMS, AT Command, koneksi SMSC, Algoritma dan Visual Basic yang mendukung pembuatan aplikasi dan teori-teori lain yang mendukung penelitian.
                   BAB III   ANALISA DAN PEMBAHASAN
Bab ini membahas tentang analisa dan perancangan dari sistem layanan SMS Gateway yang akan dibuat, mengenai bagaimana sebuah applikasi yang memanfaatkan layanan SMS dirancang.

                   BAB IV   IMPLEMENTASI SISTEM
Bab ini akan membahas tentang implementasi, interface, penjelasan pogram serta pengujian data yang dimasukkan sebagai input data.
                   BAB V    PENUTUP
Pada bab ini berisi tentang kesimpulan yang didapat dari proses perancangan dan implementasi layanan SMS serta saran yang dapat penulis berikan apabila sistem ini ingin diterapkan dan dikembangkan lebih lanjut.

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*