SISTEM E-COMMERCE PERUMAHAN

0

SISTEM E-COMMERCE PERUMAHAN PADA 
CV. MELAYU KARYA KUANSING




 

PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang Masalah
CV. Melayu Karya merupakan salah satu perusahaan lokal yang bergerak dibidang pembangunan perumahan atau bisa juga disebut dengan developer perumahan. CV. Melayu Karya telah membangun beberapa perumahan yang berlokasi di Pekanbaru.
Salah satu kendala yang ditemui oleh CV. Melayu Karya adalah sulitnya dalam hal pemasaran rumah. Selama ini yang terjadi dilapangan team marketing selalu bergerak untuk penyebaran brosur- brosur serta mempromosikanya melalui mulut ke mulut. Andai saja ada calon pembeli rumah, maka mereka dianjurkan untuk datang kekantor guna mendapatkan segala informasi tentang perumahan yang akan dibangun ataupun yang sedang dibangun. Dengan begitu calon pembeli akan  mengetahui dimana lokasi perumahan, type-type rumah yang akan dibangun, tampak atau model rumah yang akan dibangun, harga satuan rumah, system KPR yang akan digunakan dalam pembayaran angsuran rumah.
Metode ini mungkin masih bisa dilakukan oleh team marketing dalam memasarkan rumah kepada calon pembeli jika calon pembeli berdomisili di Pekanbaru serta tidak menyita waktu pembeli dkantor. Bagi calon pembeli yang berada diluar kota maka team marketing akan terkendala dalam memasarkan rumahnya. Brosur rumah harus dipaketkan untuk calon konsumen agar bisa melihat lokasi, tampak serta type-type rumah yang akan ditawarkan. Jika calon konsumen tersebut ada hal-hal yang ingin ia tanyakan maka mereka hanya bisa menggunakan media telepone. Hal seperti ini sangat merepotkan dalam penyampain informasi serta pemasaran perumahan. Ini sangat berpengaruh dalam pembangunan perumahan karena semakin cepat rumah terjual maka akan semakin cepat pembangunanya.
Berdasarkan uraian dari permasalahan-pemasalahan diatas penulis ingin memberikan solusi untuk sistem yang telah ada demi mempermudah dan memperluas dalam memasarkan dan juga mempromosikan perumahan, maka diadakan penelitian dengan judul SISTEM E-COMMERCE PERUMAHAN PADA CV. MELAYU KARYA KUANSING”. Diharapkan dengan adanya penelitian ini penulis dapat mengembangkan ilmu yang telah diperoleh sehingga semua dapat merasakan manfaatnya dikemudian hari, baik bagi penulis maupun perusahaan yang dijadikan tempat penelitian beserta semua orang yang telah melihat penelitian ini.
1.2.  Identifikasi Masalah
            Berdasarkan latar belakang masalah maka yang merupakan identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah :
1.      Pemanfaatan sarana teknologi informasi dan komunikasi diperusahaan belum maksimal sehingga mempersulit pekerjaan.
2.      Penyampaian informasi perumahan masih menggunakan penyebaran brosur sehingga hanya sebagian kecil yang mendapatkan informasi.
3.      Keterbatasan media informasi membuat konsumen kesulitan mendapatkan informasi perumahan.
4.      Marketing kesulitan dalam memberikan informasi perumahan kepada konsumen, maka konsumen harus meluangkan waktu untuk bertemu.
5.      Dalam hal pemesanan atau transaksi pembelian, konsumen dan marketing membutuhkan banyak waktu, karena harus bertemu pada satu tempat.
1.3.  Batasan Masalah
            Agar pembahasan  dan  penyusunan  skripsi ini  terarah  dan  tidak  menyimpang dari  pokok  permasalahan, maka penulis memberikan batasan permasalahan yang meliputi :
a.       Ruang lingkup informasi yang disampaikan dibatasi pada penyampaian informasi data perumahan meliputi lokasi, spesifikasi dan harga rumah.
b.      Pembayaran rumah dilakukan dengan cara transfer pada bank yang telah ditentukan, kemudian bukti transfer dikirimkan ke kantor pemasaran.
1.4.  Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut maka perumusan masalah yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Merancang Sistem E-COMMERCE Perumahan pada CV. MELAYU KARYA KUANSING”.
1.5.  Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
a.       Merancang sistem E-Commerce perumahan berbasis web sebagai sarana pemasaran online.
b.      Merancang suatu sistem E-Commerce perumahan yang dapat diakses oleh masyarakat yang ada didalam maupun diluar kota pekanbaru.
c.       Merancang sistem E-Commerce guna mempermudah team marketing CV.Melayu Karya dalam menjalankan tugasnya.
2.      Manfaat Penelitian
a.       Mengembangkan ilmu yang telah diperoleh selama belajar diperguruan tinggi STMIK-AMIK Riau khususnya ilmu dibidang E-Commerce.
b.      Dapat memberikan informasi dengan cepat, tepat dan akurat bagi konsumen dan calon konsumen.
c.       Dapat meningkatkan kinerja perusahaan khususnya dibidang promosi dan penjualan rumah.
1.6.  Metode Penelitian
Metode atau cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pada skripsi ini adalah sebagai berikut:
A.    Pengumpulan Data
Pengumpulan data adalah proses pencarian data-data yang diperlukan untuk mendukung pembuatan tulisan ini. Dalam hal ini penulis menggunakan langkah-langkah sebagai berikut :
1.   Studi pustaka yaitu dilakukan dengan cara mengambil bahan-bahan yang berhubungan dengan penulisan, bersumber dari buku-buku dengan mengambil referensi untuk landasan teori dan aplikasi pada penulisan skripsi ini.
2.   Observasi yaitu dengan cara meneliti dan memperhatikan kegiatan promosi dan penjualan serta tinjauan lapangan untuk mendapatkan sumber- sumber data dalam hal penjualan perumahan.
3.   Wawancara yaitu dengan cara mengajukan pertanyaan- pertanyaan kepada karyawan CV.Melayu Karya khususnya mengenai promosi dan penjualan.
B.     Analisa
        Dalam hal ini penulis menganalisa hasil dari proses pengumpulan data dan apabila terdapat beberapa kelemahan kemudian penulis merancang apa saja yang akan dilakukan untuk memperbaiki kelemahan itu.
C.     Perancangan
Untuk memudahkan proses perancangan diperlukan langkah- langkah sebagai berikut :
1.   Membuat Context Diagram yang merupakan gambaran sistem secara umum yang memperlihatkan hubungan antara entity-entity serta aliran informasi dalam sebuah sistem yang digambarkan secara logikal.
2.   Membuat DFD level yang berfungsi menggambarkan sistem sebagai jaringan kerja antar fungsi yang berhubungan satu sama lain dengan aliran dan penyimpanan data.
3.   Membuat ERD untuk menjelaskan hubungan antar data dalam suatu basis data.
Melakukan pengolahan data dengan menggunakan :
1.   Perangkat keras
a.       Processor Intel Pentium IV
b.      Hardisk 80 GB
c.       Mainboard
d.      Memory 256 MB
e.       VGA Card
f.       Keyboard
g.      Mouse
h.      Monitor LG 17”
i.        Printer Canon IP 1800
2.   Perangkat lunak
a.       Sistem Operasi Microsof  Windows XP Professional
b.      Microssof Office 2003 dan 2007
c.       Microsoft visio 2003
d.      Apache XAMM Version 2.3
e.       AutoCad 2009
f.       Mozilla firefox
g.      MySQL-Front
D.    Implementasi
        Mengimplementasikan hasil perancangan ke dalam proses pembuatan system dengan menggunakan program PHP dan MySQL sebagai databasenya.
1.7.  Sistematika Penulisan
Berikut ini tentang sistematika penulisan skripsi, pembahasan terbagi atas lima bab yaitu sebagai berikut :
BAB I                         PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang latar belakang masalah, batasan masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II            TINJAUAN UMUM DAN LANDASAN TEORI
Bab ini membahas tinjauan umum instansi serta membahas teori-teori yang berhubungan dengan sistem yang akan dibangun. Aspek teoritis yang dijabarkan pada bab ini dikhususkan untuk mendukung hasil penelitian yang lebih maksimal.
BAB III          ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini penulis mengadakan analisa terhadap sistem yang sedang berjalan di CV.Melayu Karya dan mencoba memberikan desain sistem baru terhadap objek penelitian guna mencapai tujuan penelitian.
BAB IV          IMPLEMENTASI SISTEM
Bab ini mengenai implementasi sistem secara detail dan pembahasan sistem yang menyeluruh.
BAB V            PENUTUP
Bab ini merupakan bagian penutup dan kesimpulan dari sistem informasi yang telah dibuat, serta memberikan saran-saran mengenai topik penelitian yang akan dibahas.

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*