SISTEM INFORMASI POSISI HOTEL DAN KULINER

0

SISTEM INFORMASI POSISI HOTEL DAN KULINER



ABSTRAK

Sistem Informasi Posisi Hotel dan Kuliner Kota Pekanbaru ini di latar belakangi oleh keinginan masyarakat luas untuk memperoleh informasi Hotel dan kuliner secara cepat dan efesien sekaligus memberikan promosi bagi pemilik Hotel dan Kuliner yang ada di kota pekanbaru, selain itu membantu inverstor asing untuk melihat perkembangan atu peluang bisnis di pekanbaru terutama di bidang perhotelan dan kuliner atau restoran. Perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan aplikasi peta yaitu Arcview versi 3.3, MapviewSVG, serta aplikasi pendukung dalam pembuatan web yaitu Dreamweaver 8 sebagai text editor, Apache sebagai webserver dan PHP sebagai bahasa pemrogramannya. Pembuatan Sistem Informasi Posisi Hotel dan Kuliner ini dimulai dari pengumpulan data, kemudian dilakukan proses dijitasi terhadap data spasial, yang selanjutnya memasukkan data ke dalam tabel atribut theme yang kemudian melakukan proses pengkonverteran file .shp menjadi file bertipe .svg, sehingga menghasilkan keluaran sebuah peta dengan tipe .svg dan .html. Kemudian proses dilanjutkan dengan melakukan pembuatan web yang dimulai dari perancangan tampilan halaman web, perancangan sistem basis data, yang kemudian dilanjutkan dengan proses pembuatan halaman web dan pembuatan basis data. Hasil akhir dari proses tersebut akan disatukan sehingga terbentuklah sebuah Web Sistem Informasi Posisi Hotel dan Kuliner Kota Pekanbaru. Keberadaan web ini diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya masyarakat luas yang berkunjung ke pekanbaru dan para investor yang sedang mencari peluang usaha perhotelan dan kuliner.

Kata kunci : Hotel dan Kuliner, Sistem Informasi Posisi, Arcview, MapviewSVG, SVGViewer, Web-GIS 
PENDAHULUAN 


1.1. Latar Belakang Masalah 
Perkembangan teknologi dibidang informasi mendorong setiap instansi untuk tetap mengikuti perkembangannya, terutama berkenaan dengan perkembangan teknologi informasi yang ada hubungannya dengan kegiatan instansi tersebut. Perkembangan teknologi informasi telah memberikan kontribusi yang cukup berarti dalam meningkatkan kegiatan pelayanan umumnya Teknologi Informasi Global, Seperti Teknologi Informasi berbasis Internet, di sektor Hotel dan Kuliner di Kota Pekanbaru, masih terdapat kesulitan dalam mencari informasi hotel dan kuliner khususnya para konsumen dan umumnya bagi masyarakat lain yang ingin mengetahui informasi Hotel dan Kuliner di tempat mereka berada melalui internet. Teknologi yang berkembang pesat beberapa tahun terakhir yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan jutaan manusia adalah Internet dan ponsel sehingga informasi dapat diakses dengan mudah. Informasi Hotel dan Kuliner sangat diperlukan baik wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga dapat menjadi sarana pedoman wisatawan untuk berkunjung ke Kota Pekanbaru dengan beberapa pertimbangan. Disamping itu dapat memberikan informasi kepada pihak-pihak yang ingin berinvestasi di Kota Pekanbaru. 

Dengan latar belakang tersebut dan untuk menganalisis dan merancang Sistem Informasi Posisi tempat Hotel dan Kuliner di Kota Pekanbaru dan menyajikan informasi hotel dan kuliner berbasis web, masyarakat dapat mengetahui informasi yang ada dengan memanfaatkan teknologi Dunia Maya (internet). 

Berkaitan dengan tugas akhir ini penelitian difokuskan pada masalah pemanfaatan tujuan teknologi informasi yang dapat memberi dukungan aktif penyampaian informasi hotel dan Kuliner di Kota Pekanbaru yang diberi judul “Sistem informasi Posisi Hotel dan Kuliner di Kota Pekanbaru Berbasis Web”. 


1.2. Identifikasi Masalah 
Dalam penelitian yang dilakukan, ditemukan beberapa masalah yang dihadapi masyarakat Kotamadya Pekanbaru, sebagai berikut : 

1. Masyarakat dalam mencari informasi Hotel dan Kuliner masih mengalami kesulitan karena terbatasnya informasi yang ada di Kota Pekanbaru. 

2. Membuat visualisasi yang akan menggambarkan peta yang akan diakses secara on-line di internet. 

3. Perancangan suatu perangkat lunak yang dapat menjelaskan seluruh informasi mengenai hotel dan kuliner di Kotamadya Pekanbaru. 

4. Pada umumnya masyarakat ingin mengetahui lokasi Hotel dan Kuliner melalui peta, yang akan di kunjunginya, yang bisa didapatkan di situs yang akan dibuat sehingga para pengujung mudah untuk mendapatkan informasi letak Hotel dan Kuliner yang akan di kunjungi. 

5. Memberikan informasi tambahan berupa pemetaan lokasi hotel dan kuliner Kota Pekanbaru. dan informasi jalur angkutan yang melewati lokasi tersebut. 


1.3. Batasan Masalah 
Masalah yang ada dalam sistem informasi Posisi Hotel dan Kuliner di Kota Pekanbaru berbasis web ini akan dibatasi dalam ruang lingkup : 
  1. Data yang diolah berupa data Hotel, data Kuliner, data pemetaan lokasi Hotel dan Kuliner, dan pengguna Sistem informasi Posisi (Pengunjung Situs). 
  2. Hotel berbintang saja dan Memiliki batasan Zoom 
  3. Kuliner yang akan ditampilkan adalah Nama Restoran. 
  4. Posisi yang akan diperlihatkan jelas adalah Jalan Utama/Besar 
  5. Database sistem hanya bisa diubah oleh admin. 

1.4 Tujuan Penelitian 
Adapun tujuan penelitian dalam pengajuan skripsi ini adalah sebagai berikut : 

1) Merancang sebuah Sistem Informasi Geografis yang berbasiskan web tentang Posisi Hotel dan Kuliner Kota Pekanbaru dengan menggunakan program ArcView, PHP dan MySQL. 

2) Menyajikan informasi Hotel dan Kuliner yang ada di kota Pekanbaru. 

3) Mempermudah kantor dinas pariwisata kota pekanbaru untuk menjelaskan Posisi Hotel dan Kuliner di Kota Pekanbaru 


1.5 Manfaat Penelitian 

a. Mempermudah bagian masyarakat atau dunia luar untuk mengetahui Hotel dan Kuliner yang berada di wilayah Kota Pekanbaru. 

b. Mengembangkan Pengetahuan Teknologi Informasi Global 

c. Dapat memberikan informasi mengenai Hotel dan Kuliner di Kota Pekanbaru secara jelas. 

d. Memberikan tambahan ilmu bagi penulis tentang bagaimana merancang sebuah Sistem Informasi Geografis yang berbasiskan web. 

e. Memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin mengetahui Posisi Hotel dan Kuliner di Pekanbaru dan sekaligus dapat mengetahui harga per kamar pada tiap Hotel untuk standarnya dan harga menu makanan setiap porsinya. 


1.6 Metodologi Penelitian 

1. Rekayasa Sistem (System Engineering) 

Perangkat lunak merupakan bagian dari sistem yang lebih besar,maka pekerjaan dimulai dari pengumpulan data agar dapat diketahui elemen – elemen yang hendak dialokasikan kedalam perangkat lunak. Hal ini penting dilakukan ketika perangkat lunak harus berkomunikasi dengan perangkat keras (hardware), orang dan basis data. Rekayasa system dan analisis menekankan pada pengumpulan kebutuhan pada level sistem dengan sedikit perancangan dan analisis. 

2. Analisis Sistem (Analisys System) 

Menganalisa permasalahan dari data yang ada serta mengumpulkan kebutuhan – kebutuhan sistem yang akan dibangun. 

3. Perancangan (Design) 

Ada 4 atribut untuk desain yaitu struktur data, arsitektur sistem, sistem prosedur dan tampilan antar muka. Proses desain mengubah kebutuhan – kebutuhan menjadi bentuk karakteristik yang dimengerti perangkat lunak sebelum dimulai penulisan program. Desain ini harus didokumentasi dengan baik dan menjadi konfigurasi perangkat lunak. 

4. Pengkodean (Coding) 

Setelah dilakukan desain kemudian dilanjutkan dengan mengubah desain tadi menjadi bentuk yang dimengerti oleh komputer, Maka dilakukan langkah penulisan. Jika desainnya lengkap maka penulisan program dapat dicapai. 

5. Pengujian (Testing) 

Setelah kode program sukses dan program dapat berjalan, pengujian dapat dimulai. Pengujian memfokuskan pada logika internal dari perangkat lunak, fungsi eksternal dan mencari segala kemungkinan masalah selanjutnya memeriksa apakah perangkat lunak tersebut selesai dengan yang diharapkan. 

6. Penerapan (Implementasi) 

Implementasi atau pelaksanaan adalah proses untuk memastikan terlaksananya suatu kebijakan dan tercapainya kebijakan tersebut. Perangkat lunak yang sudah jadi mungkin ditemukan kesalahan atau ada hal baru yang akan ditambahkan, maka tetap pengembangan dilakukan dimasa pemeliharaan. 


1.7 Sistematika Penulisan 
Pada dasarnya, penyusunan sistematika penulisan bertujuan untuk memudahkan para pembaca dalam mengikuti apa yang dipaparkan dalam laporan tugas akhir ini. Sistematika penulisan tugas akhir ini disusun sebagai berikut : 

Pada sub bab ini berisi penjelasan ringkas perbab yang akan membahas latar belakang masalah, identifikasi masalah, tujuan, batasan masalah, metodologi pengembangan sistem dan yang terakhir yaitu sistematika penulisan yang merupakan indeks laporan tugas akhir. 

BAB I PENDAHULUAN 

Pada bab ini berisikan gambaran umum penelitian yang dilakukan meliputi latar belakang masalah, identifikasi masalah, tujuan penelitian, batasan masalah, waktu dan tempat penelitian, metodologi tugas akhir, dan sistematika penulisan yang merupakan panduan dalam penyusunan landasan teori. 

BAB II TINJAUAN UMUM DAN LANDASAN TEORI 

Pada bab ini menjelaskan dan membahas teori – teori yang berkaitan dengan sistem yang dibangun, beserta referensinya yang akan menjadi acuan dalam menyelesaikan tugas akhir ini. 

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM 

Pada bab ini menjelakan tentang perancangan analisa pembangunan perangkat lunak yang akan menjabarkan gambaran sistem, struktur program, struktur database yang dibutuhkan, struktur menu. 



BAB IV IMPLEMENTASI 

Pada bab ini memuat spesifikasi program, kebutuhan program, implementasi program. 

BAB V PENUTUP 

Pada bab ini berisikan ikhtisar dari bab – bab diatas, dimana bab ini merupakan kesimpulan dan saran – saran yang mendukung dalam pembuatan tugas akhir. 

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*